Tips Membeli Kamera SLR/DSLR Terbaru bagi Pemula

Tips Membeli Kamera SLR/DSLR Terbaru bagi Pemula

Berhasil mengambil gambar yang bagus dengan kamera menjadi kesenangan tersendiri buat para penggemar fotografi. Hobi melukis cahaya ini makin banyak digemari kalangan muda, dan semakin populernya sosial media seakan mereka berlomba-lomba mendapatkan gambar yang bagus. Tentunya untuk mendapatkan gambar yang bagus, diperlukan kamera yang bagus juga. Sekarang ini sudah banyak dijual kamera tipe SLR/DSLR yang di banderol dengan harga terjangkau di pasaran. Merk-merk terkenal seperti Nikon, Canon, Sony dan Pentax sudah banyak tersedia di toko-toko kamera. Apakah harga kamera tersebut mahal ? Tidak. Kita bisa memilih kamera sesaui dengan budget yang kita punya. Dari harga 3.5 Juta sampai yang paling mahal sudah tersedia banyak di pasaran. Baca ini jika kalian ingin tahu Daftar Harga Kamera Terbaru 2019.

Khusus pemula, akhir akhir ini kameranesia banyak mendapatkan pertanyaan. Bagai mana cara memilih kamera untuk pemula? Yuk simak tipsnya dibawah ini.

1. Lakukan Research Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli secara online/offline (datang ke toko), sebaiknya lakukan research terlebih dahulu. Kebutuhan apa yang sebenarnya anda inginkan. Jika bingung lakukan seleksi dengan foto yang kalian sukai, misalnya saya suka dengan foto yang belakangnya blur. Foto yang belakangnya blur itu dalam istilah fotografi disebut dengan “bokeh”. Nah, syarat untuk mengambil gambar bokeh adalah dengan aperture yang rendah misalnya 1.8 – 2.2. Semakin rendah nilai aperture maka gambar yang di tangkap semakin fokus sehingga belakang objek semakin blur.

2. Beli kamera sesuai Budget

Kita simulasikan budget yang kita punya sebesar 7 Juta. Nah dari 7 juta ini jangan langsung belikan kamera semua, tetapi di pecah lagi untuk beli lensa dan tripod. Pilihlah harga kamera yang kisaran 4.5 juta, atau bisa dibawahnya. Kemudian sisanya bisa kalian gunakan untuk membeli lensa. Perlu dicatat, sebetulnya harga Lensa yang bagus jauh lebih mahal daripada kamera itu sendiri. Atau saran lain sebaiknya membeli bodi only dan lensanya tipe yang lain selain lensa bawaan, biasanya lensa kit 16-55mm. Jika kalian bertujuan untuk memotret foto bokeh, maka beli kamera bodi only bisa Nikon D5500, Nikon D5300 atau kamera canon dengan spesifikasi sama. Kemudian untuk Lensa ambil lensa fix 1.8 mm. Jika masih ada sisa uang, gunakan untuk membeli tripod.

Baca Juga  Pemula Merapat! Ini Dia 10 Tips Mendapatkan Foto yang Keren

3. Bandingkan harga dari satu toko dengan toko lain

jika kalian ingin membeli kamera baru, membandingkan harga dari satu toko ke toko lain ini sangat penting. Karena biasanya perbandingan selisih antara toko satu dengan yang lainnya berbeda jauh. Daftar harga kamera bisa kalian lihat disini, “Daftar Harga Kamera Terbaru 2019“. Atau jika kalian ingin mencari dengan merk lain seperti Pentax atau Fujifilm silahkan lihat postingan ini. Daftar harga Kamera Fujifilm Terbaru 2019.

4. Pergunakan Budget semaksimal mungkin

Kebutuhan fotografi itu mahal, bukan hanya kamera dan lensa. Namun juga butuh aksesoris seperti tripod, lighting, flash, trigger, battery, tas, memori dan aksesoris pendukung lain. Maka sebaiknya pergunakan budget sebaik mungkin agar nanti dapat digunakan untuk memaksimalkan gambar yang di potret. Oh ya tambahan, jangan lupa belajar editing. Seorang fotografer pasti bisa yang namanya editing, bisa menggunakan potoshop atau adobe lightroom.

Kesimpulan

Fotografi tidak berpatokan pada gadget, bahkan jika kalian mempunyai selera seni yang tinggi. Foto yang bagus juga bisa dihasilkan dengan kamera handphone. Namun, dengan kamera mungkin akan lebih mudah mengatur komposisi setingan agar gambar yang didapat semakin bagus.

 

Artikel Rating:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *